Mengenal Universitas Bologna, Universitas Tertua Di Eropa

Mengenal Universitas Bologna, Universitas Tertua Di Eropa
beritahub.Italia memang tidak memperingati hari pendidikan, tapi bukan berarti pendidikan tidak penting. Masyarakat disini sepakat kalau pendidikan itu suatu hal yang sangat diperlukan didalam mewujudkan masa depan berdasarkan ilmu pengetahuan. Karena melalui pendidikan, ilmu pengetahuan kita akan berkembang, sehingga kita bisa menghadapi tantangan globalisasi kedepannya.

Dalam sejarah pendidikan dunia, tokoh ilmuwan, budayawan dan satrawan Italia seperti Dante Alighieri, Galileo Galilei, Michelangelo dan masih banyak yang lainnya telah banyak berkontribusi diberbagai bidang ilmu pengetahuan baik di bidang sastra, sains , seni dan lain-lain. Bahkan Italia mempunyai universitas tertua di dunia yaitu Universitas Bolognadi kota Bologna yang berdiri sejak tahun 1088 dan diakui sebagai universitas di dunia barat pertama.

Universitas Bologna
Kota Bologna adalah ibu kota wilayah Emilia Romagna, di Italia tengah. Kota ini termasuk salah satu dari tujuh kota metropolitan di Italia. Disebut juga simbol kota pelajar karena menjadi salah satu tujuan para mahasiswa dan mahasiswi tidak hanya dari Italia tapi dari seluruh dunia yang ingin menuntut ilmu disini. Sebuah kota yang sempurna bagi mahasiswa karena disinilah sumber sejarah dan budaya kuno dimulai dan dirawat dengan sangat baik. Karena kedekatannya dengan ilmu pengetahuan, kota Bologna mendapat penghargaan sebagai kota kebudayaan Eropa pada tahun 2000 dan sebagai kota musik pada tahun 2006 dari UNESCO.
Universitas Bologna ini lahir di masa pengaruh gereja dan monarki sangat kuat di kehidupan masyarakat Italia waktu itu. Akhirnya kota Bologna memutuskan untuk mendukung pengembangan pendidikan yang mandiri dan bebas dari pengaruh gereja dan mendirikan universitas ini.
Dengan cara ini siswa-siswa bisa memilih sendiri dan mendapatkan pengajar-pengajar yang sesuai dengan bidang keahliannya. Mata pelajaran yang utama pada waktu itu meliputi : tata bahasa, logika, retorika dan hukum. Pada tahun 1158 Federico Barbarossa mengeluarkan“Constitutio Habita”sebuah keputusan yang menyatakan kalau universitas Bologna sebagai tempat penelitian dan bebas dari pengaruh politik.

Kampus ini terletak di jalan Zamponi dan ada dua buah menara besar sebagai tandanya. Jalan ini setiap hari selalu ramai dilewati oleh ribuan mahasiswa yang pergi dan pulang untuk melakukan berbagai kegiatan di tempat ini. Kampus yang begitu luas dan asri ini memiliki banyak ruang kelas, ruang pertemuan, aula, perpustakaan dan ruang-ruang penting lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Dabba, Kuliner Penuh Cita Rasa Daging Kambing

Kepercayaan Diri Zverev Meningkat Setelah Mendapat Trofi Pertama

Memahami “Peringatan” Prabowo Soal Indonesia Bubar 2030